menu

Monday, August 7, 2017

METODE DOKUMENTASI

METODE DOKUMENTASI DALAM PENELITAIN

oleh : Minten Ayu Larassati S.Pd.I,M.Pd.I


Metode dokumentasi yaitu metode mencari data mengenai hal-hal (variabel) yang berupa catatan, transkip, buku, surat kabar, majalah, notulen rapat, agenda, dan sebagainya.[1] Dokumen merupakan sumber informasi yang bukan manusia (non human resources). Tentang ini McMillan dan Schumacher menjelaskan bahwa:
Document are record of past events that are written or printed, they may be anecdotal notes, letters, diaries, and documents. Official documents include internal papers, communications to various publics, student and personnel files, program description, and institutional statistical data.[2]
Dokumen merupakan rekaman kejadian masa lalu yang ditulis atau dicetak, dapat berupa catatan anekdotal, surat, buku harian, dan dokumen-dokumen. Dokumen kantor termasuk lembaran internal, komunikasi bagi publik yang beragam, file siswa dan pegawai, deskripsi program dan data statistik.

Metode ini digunakan untuk memperoleh data yang berhubungan dengan gambaran umum yang meliputi; letak geografis, sejarah berdirinya, visi dan misi, struktur kepengurusan, demografi guru, demografi siswa, profil, denah sekolahan, serta Jadwal kegiatan.



[1]Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Jakarta: Rineka Cipta, 1998), hlm. 159.
[2]Djam’an Satori, Aan Komariah,  Metodelogi Penelitian Kualitatif. (Bandung: Alfabeta, 2013), hlm. 145-151.

No comments:

Post a Comment