menu

Monday, April 5, 2010

Teori Model Belajar



TEORI-TEORI BELAJAR

TEORI KONEKSIONISME
Tokoh : Edward Thorndike
Trial and Error Learning
Belajar adalah hubungan stimulus dan respon
Perlu KESIAPAN dan MOTIVASI dalam belajar
Hukum-hukum belajar :
- Law of effect efek + respon akan memperkat respon
- Law of readiness kesiapan dalam belajar
- Law of exercise banyak latihan akan memperkuat respon

CLASSICAL CONDITIONING
Tokoh : Ivan Pavlov
Belajar adalah rangkaian dari pembiasaan-pembiasaan dan hubungan antara S dan R.
US – CS – R

OPERANT CONDITIONING
Tokoh : Skinner
Reinforcement : penguatan
Reinforcement (+) : menguatkan respon
Reinforcement (-) : memperlemah respon

TEORI KOGNITIF
Tokoh : Jean Piaget
Belajar adalah peristiwa mental, bukan sekedar pengaruh dari luar.
Tahap-tahap perkembangan kognitif individu :
- Sensori motorik
- Pra operasional
- Operasional konkrit
- Operasional formal
TEORI BELAJAR MODEL
Tokoh : Albert Bandura
Asumsi :
Individu melakukan pembelajaran dengan meniru lingkungan terutama perilaku orang lain.

Ada keterkaitan yang erat antara lingkungan, perilaku dan pribadi dalam proses pembelajaran.
Hasil Belajar berupa kode perilaku visual dan verbal yang diwujudkan dalam perilaku sehari-hari.


Komponen Proses Belajar
Perilaku model
Pengaruh model
Proses internal pelajar

Macam-macam Model
Live Model
Symbolic Model
Verbal Description Model
Faktor yang menentukan Model
Memiliki ciri yang bersesuaian dengan individu
Nilai prestise dari model tersebut
Kualitas rasa kepuasan

TEORI HUMANISTIK
Tokoh : Carl Rogers dan Abraham Maslow
Setiap individu itu sehat dan memiliki potensi dan kemampuan untuk berkem-bang. Humanistik mengembangkan pem-belajaran yang terfokus pada kemam-puan-kemampuan yang dimiliki oleh individu.
Pandangan Tokoh Humanistik
Maslow
Proses pendidikan harus mampu mengembangkan disiplin diri, spontanitas dan kreativitas sekaligus. Pengajaran di kelas harus dikaitkan dengan kehidupan.
Rogers
Pembelajaran adalah suatu proses sosial, kesimpulan-kesimpulan yang diambil individu diuji melalui umpan balik dari kontak sosial dengan orang. Belajar adalah penyerapan informasi, belajar memerlukan komunikasi interpersonal antara mahasiswa dan seorang “fasilitator” yang bersamanya mahasiswa dapat berhubungan secara murni dan pribadi.
Model Pembelajaran Humanistik : EXPERENTIAL LEARNING

TEORI KONSTRUKTIVISME
Tokoh : Jean Piaget dan Vigotsky
Membangun pengetahuan sedikit demi sedikit yang kemudian hasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas dan tidak sekonyong-konyong.
Lingkungan sosial dalam belajar penting dan integrasi kemampuan dalam belajar kelompok akan dapat meningkatkan peruabahan secara konseptual.

METODE PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME
Discovery Learning menemukan jawaban sendiri.
Reception Learning pembelajaran sistematis
Assisted Learning belajar memecahkan masalah
Active Learning pembelajaran aktif
The Accelerated Learning pembelajaran cepat
Quantum Learning efektivitas belajar quantum
Contextual Teaching and Learning mengaitkan antara mataeri yang diajarkan dengan situasi dunia nyata dan mendorong siswa untuk membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya.

No comments:

Post a Comment