RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN PERKULIAHANSEMESTER
(RPKS)
ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR (ISBD)
KODE DUML
Minten Ayu Larassati M.Pd.I
SESON
I
RENCANA
PROGRAM DAN KEGIATAN PERKULIAHAN SEMESTER (RPKS)
ILMU
SOSIAL BUDAYA DASAR (ISBD)
UNIVERSITAS
CORDOVA SUMBAWA BARAT
2016
Dosen pengampu Minten Ayu
Larassati S.Pd.I, M.Pd.I
No tlp 082135853200 emai mintenhijau@gmail.com
A.
Deskripsi dan Tujuan Pembelajaran
1.
Deskripsi ISBD
Mata kuliah Ilmu Sosial Dasar (ISD) merupakan mata kuliah
yang wajib diikuti oleh mahasiswa Fakultas Tehnik universitas cordova angkatan
2015 dan angkatan-angkatan berikutnya. Dalam kedudukannya sebagai mata kuliah
muatan fakultas yang diajarkan di setiap jurusan, mata kuliah ini juga dimaksudkan
untuk menjabarkan materi muatan universitas.
Mata kuliah Ilmu Sosial
dan Budaya Dasar memberikan
landasan dan wawasan yang luas, menumbuhkan
sikap kritis, peka dan arif pada mahasiswa
untuk memahami keragaman,
kesetaraan, dan kemartabatan
manusia dalam kehidupan
bermasyarakat. Selain itu
mahasiswa juga diberikan pengertian tentang nilai-nilai estetika,
etika, dan moral
dalam kehidupan bermasyarakat.
Landasan dan wawasan tersebut akhirnya akan memberikan kesadaran kepada siswa
bahwa manusia selaku individu dan
makhluk social harus berlaku
secara beradab dan dapat bertanggung jawab
terhadap sumber daya
dan lingkungannya. Pada tataran selanjutnya mahasiswa akan
memiliki kepekaan dan
sikap kritis terhadap
permasalahan sosial budaya yang ada di masyarakat.
Prinsipnya mata kuliah ISBD dapat berperan sebagai pengatur
dasar menuju pengenalan teori
ilmu-ilmu social dan
kebudayaan. Sehingga, mahasiswa dapat
memiliki wawasan keilmuan
yang bersifat multidisipliner tentang keragaman, kesetaraan,
dan kemartabatan manusia
dalam kehidupan bermasyarakat dan
bernegara.
2.
Tujuan ISBD
Berdasarkan diskripsi yang telah teruraikan maka tujuan Ilmu
Sosial dan Budaya Dasar yang
merupakan bagian dari
Matakuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB) adalah:
a.
Mengembangkan
kesadaran mahasiswa menguasai
pengetahuan tentang keanekaragaman, kesetaraan,
dan kemartabatan manusia sebagai individu dan makhluk social
dalam kehidupan bermasyarakat.
b.
Menumbuhkan
sikap kritis, peka
dan arif dalam
memahami keragaman,
kesederajatan, dan kemartabatan
manusia dengan landasan nilai
estetika, etika, dan
moral dalam kehidupan bermasyarakat.
c.
Memberikan
landasan pengetahuan dan
wawasan yang luas
serta keyakinan kepada mahasiswa
sebagai bekal bagi
hidup bermasyarakat, selaku individu
dan makhluk social
yag beradab dalam mempraktikkan
pengetahuan akademik dan
keahliannya dan mampu memecahkan maalah
social budaya secara arif.
B.
Desain Pembelajaran Dan Rancangan Sesi
Perkuliahan
Perkuliahan
dirancang selama 16 (empat belas) kali pertemuan yang terselenggara dengan dua
sistem utama. Pertama, metode klasikal
presentasi dosen. Penyampaian segala materi pokok bahasan diberikan setiap kali kelas dimulai hingga separuh
dari durasi perkuliahan berjalan. Kedua, metode diskusi partisipasif peserta
kuliah.
Pada tahap ini seluruh mahasiswa akan dilibatkan dalam
sebuah focus group discussion (FGD) yang nantinya berusaha ‘membumikan’
konsep-konsep ilmu sosial dan budaya
dasar yang telah diuraikan sebelumnya. Dua metode pembelajaran di atas akan
disampaikan dengan berpegang pada rencana perk uliahan seperti digambarkan
tabel di bawah ini :
SILABUS
ISBD
Seson
|
Pokok Bahasan
|
Sub Pokok Bahasan
|
Petugas
|
1
|
Pengantar
|
a.
Kontrak dosen dan mahasiswa.
b.
Deskripsi dan tujuan perkuliahan ISBD.
c.
Penyampaian silabus.
d.
Metode pembelajaran.
e.
Penilaian
f.
Esai
|
Dosen Minten Ayu
Larassati M.PD.I
|
2
|
Pengantar ISBD
|
a.
Hakikat dan ruang lingkup ISBD.
b.
ISBD sebagai MBB dan pendidikan umum.
c.
ISBD sebagai altematif pemecahan masalah
sosial budaya
|
Agus supianto
(TIF 141001)
|
3
|
Manusia dan budaya
|
a.
Devinisi manusia, penciptaan manusia dan
kedudukan manusia di bumi.
b.
Devinisi budaya, proses munculnya budaya di
masyarakat
c.
Fungsi dan makna budaya
d.
Hubungan manusia dan budaya
|
Hendra Gunawan
|
4
|
Manusia Sebagai Makhluk Budaya
|
a.
Hakikat manusia sebagai makhluk budaya.
b.
Apresiasi terhadap kemanusiaan dan kebudayaan.
|
Yudiansyah
|
5
|
Etika dan estetika
|
c.
Etika dan estetika berbudaya.
d.
Memanusiakan manusia melalui pemahaman
konsep-konsep dasar manusia.
Problematika kebudayaan
|
Joni
|
5
|
Manusia Sebagai Individu dan
Makhluk Sosial
|
a.
Hakikat manusia sebagai individu dan makhluk
social/
b.
Fungsi dan peran manusia sebagai individu dan
makhluk social.
c.
Dinamika interaksi social.
d.
Dilema antara kepentingan individu dan
kepentingan masvarakat
|
Maisyarati
|
6
|
Manusia dan
Peradaban
|
a.
Hakikat peradaban.
b.
Manusia sebagai makhluk beradab dan masyarakat
adab.
c.
Evolusi budaya dan wujud peradaban dalam
kehidupan social budaya.
|
Rindi Antika
|
7
|
Dinamika peradaban global
|
a.
Dinamika peradaban global.
b.
Problematika peradaban pada kehidupan manusia
|
Anita Sri Wahyuni
|
8
|
UTS
|
Soal
|
All
|
9
|
Manusia, Keragaman dan Kesetaraan
|
a.
Hakikat keragaman dan kesetaraan manusia.
b.
Kemajemukan dalam dinamika sosial dan budaya.
|
Talia Maiba Apia
|
10
|
Kekayaan dan
problematika social budaya.
|
c.
Keragaman dan kesetaraan sebagai kekayaan
sosial budaya bangsa.
d.
Problematika keragaman dan kesetaraan serta
solusinya dalam kehidupan masvarakat dan negara
|
Mintarti
|
11
|
Manusia. Nilai, Moral dan Hukum
|
a.
Devinisi dan Hakikat nilai, moral dan hukum
b.
Fungsi nilai, moral dan hukum
c.
perwujudan nilal, moral dan hukum dalam
kehidupan manusia, masyarakat dan Negara.
|
Dian Hadisyaputra
|
12
|
Keadilan
ketertiban dan kesejahteraan
|
a.
Devinisi
keadilan, ketertiban dan kesejahteraan.
b.
Keadilan ketertiban dan kesejahteraan sebagai
wujud masyarakat yang bermoral
c.
Mentaati hukum.
d.
Problematika nilai, moral dan hukum dalam
masyarakat dan negara
|
Novitasari
|
13
|
Manusia. Sains; Teknologi dan Seni
|
a.
Hakikat dan makna sains, teknologi dan seni
bagi manusia.
b.
Dampak penyalahgunaan IPTEKS pada kehidupan
sosial dan budaya.
c.
Problematika pemanfaatan IPTEKS di Indonesia
|
Ofin Ardianto
|
14
|
Manusia dan
Lingkungan
|
a.
Hakikat dan makna lingkungan bagi manusia
b.
Kualitas penduduk dan lingkungan terhadap
kesejahteraan manusia.
c.
Problematika lingkungan sosial budava yang
dhadapi masyarakat.
d.
Isu-isu penting tentang persoalan lintas
budava dan bangsa
|
Baiq Hafizatullaily
|
15
|
Esai ISBD
|
Membuat esai ISBD 5 lembar
|
All mahasiswa
|
16
|
UAS
|
Soal
|
All
|
C.
Bacaan Literatur/Referensi
1.
Siti Irene Astuti D., dkk. 2010. Ilmu Sosial dan
Budaya Dasar. Yogyakarta: UNY Press.
2.
Herminanto & Winarno. 2009. Ilmu Sosial dan
Budaya Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
3.
Elly M. Setiadi, dkk. 2008. Ilmu Sosial dan
Budaya Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
D.
Evaluasi Pembelajaran
Berdasarkan dua
sistem perkuliahan yang telah dipaparkan sebelumnya, maka penilaian peserta
perkuliahan akan dilakukan dengan memperhatikan beberapa elemen, seperti :
keaktifan da lam diskusi kelas, nilai tugas-tugas individu, nilai mid semester,
dan nilai ujian akhir semester. Adapun prosentase penilaian berbagai alemen itu
adalah sebagai berikut :
1.
Keaktifan Diskusi Kelas dan Tugas Mingguan 40%
2.
Ujian tengah semester 30%
3.
Ujian akhir semester 30%
Sumbawa
Barat, 5 Maret 2015
Dosen
Pengampu ISBD
MINTEN
AYU LARASSATI
No comments:
Post a Comment